Rabu, September 24, 2008

DEBU Hijrah Ke Eropa...?




Hal apa yang paling berkesan dalam rangkaian konser di Turki?

Saya tak bisa mengatakan bahwa ada satu peristiwa tertentu yang paling mengesankan tapi, secara keseluruhan cara penerimaan terhadap kita di Turki tahun ini rasanya jauh lebih hangat daripada tahun kemarin. Sepertinya mereka lebih paham dan lebih menyayangi.
Di setiap konser, Mustafa berbahasa Turki?
Hampir semua lagu yg kita bawakan adalah syair Syekh yg berbahasa Turki. Kalau saya bicara bahasa Turki masih agak patah-patah, tapi mereka sediakan penerjemah untuk saya di panggung, jadinya lebih mudah untuk berkomunikasi dengan audiens.

Bagaimana pula respons audiens terhadap setiap penampilan DEBU?
Saya merasa bahwa keberadaan kita di Turki tahun kemarin adalah seperti menanam bibit untuk tahun ini dan untuk tahun depan. Jadi sejak penampilan pertama, mereka sudah sangat mendukung dan bersemangat dan melihat setiap penampilan kita mereka makin paham, jadi makin semangat. Bahkan hari terakhir konser kita di sana, tempatnya penuh sampai tak muat orang lagi... :)


Setiap tempat dan adat adalah berbeda. Bagaimana Mustafa melihat perbedaan ataupun persamaan antara masyarakat Iran dan Turki yang notabene keduanya adalah muslim?
Perbedaannya banyak sekali, dan kesamaan juga sangat banyak. Tapi karena dasarnya adalah islam, maka kedua-duanya sangat mengutamakan akhlak walaupun belum tentu diamalkan selalu. Tetapi jelas sekali keduanya berusaha untuk mengajarkannya.
Peristiwa Iran adalah cerita sukses yang berbeda. Seperti apakah standar sukses DEBU di Turki?
Apapun yang kita lakukan adalah sukses yang maksimal karena itu merupakan rencana Allah yangg tidak ada kekurangan. Kadang kita merencanakan sesuatu tetapi belum tentu terjadi. Tetapi selalu segala sesuatu yang terwujud adalah rencanaNya.
Bagaimana pula tentang album Turki DEBU yang pernah dirilis?
Saya belum tahu jelas mengenai album yang dirilis tahun kemarin itu. Itu sesuatu yang kita masih mencari tahu.

Sambutan hangat buat DEBU di mana pun adalah hal yang lazim sekarang. Bagi Mustafa sendiri, 'sukses' itu apa sih?
Sukses adalah beradab dan berakhlak yang tepat untuk setiap keadaan. Dan kalau tidak, minimal kita bisa bersyukur karena Allah memberikan kesadaran itu.


Konon ada tawaran untuk konser di German dan Belanda, bisa cerita?
Pada saat kita di Turki, kita terima tawaran untuk tour ke 5 atau 6 negara termasuk Belanda, German, Perancis, dan beberapa negara Balkan. Untuk itu, kita masih berusaha dan menunggu detailnya.
Seiring langkah DEBU yang makin 'go international', adakah rencana hijrah ke Eropa?
Hehehe... hijrah ke Eropa...? Pada saat kita berhijrah ke Indonesia, itu bukanlah suatu rencana yang kita merencanakannya tetapi semata-mata ilham Ilahi yang diterima Syekh Fattaah di tengah malam. Jadi saya sendiri tak mungkin tahu apakah ada lagi atau tidak ilham serupa...

Sejauh ini, apa makna 'Indonesia' bagi DEBU?
Setiap berangkat ke mana pun kita dikenal sebagai group dari Indonesia, dan buat kita itu adalah suatu kebanggaan