Kamis, Juni 25, 2009

Pentas 'India ala Debu'...

Pentas Debu tanggal 27 Juni lusa di Newseum Cafe akan menjadi konser pertama di antara konser regulernya yang direncanakan akan dilakukan setiap bulan. Temanya kali ini adalah "India ala Debu'.

Titel ini bukanlah tanpa alasan sama sekali. Sebaliknya, merupakan sebuah pernyataan untuk menjelaskan konsep konsernya malam itu yang akan tampil menggandeng seorang musisi tamu yang memang datang dari India langsung, yakni Kousik Dutta.


Berikut penjelasan Mustafa di sela kesibukannya mempersiapkan konser tersebut...

Apa latarbelakang pemikirannya hingga DEBU tampil dalam pesona India kali ini?
Dari dulu shaykh punya Syair dalam bahasa Hindi dan blm ada jalur untuk menyalurkannya, tapi sekarang dengan adanya pak Kousik Dutta - pemain tabla India, saya melihat ini sebagai tanda dari Allah untuk kami siapkan album berikutnya, jadi dari itu kami memutuskan untuk bikin acara "India ala Debu".

Dan bagaimana proses persiapannya?
Persiapan untuk acara ini sebenarnya membutuhkan proses yang sangat lama tetapi kami hanya punya waktu dua hari untuk latihan.

Apa pula konsepnya?
Konsep acaranya adalah semacam preview atau intipan ke salah satu proyek Debu yang akan datang...

Adakah perbedaan titel 'India ala Debu' dengan 'Debu ala India'?
'Debu ala India' adalah mengIndiakan Debu, dan 'India ala Debu' adalah MenDebukan India.."

Apa yang paling menarik dalam kolaborasi ini?
Yang paling menarik dalam kerjasama ini ada dua. Satu, kita berasal dari dua sudut dunia yang beda tapi bisa menyatu. Dan yang kedua adalah, musik yang kami hasilkan sangat unik dan berbeda daripada lagu-lagu Debu lainnya.

Dan bagaimanakah respon awal musisi India yang bekerjasama dengan anda?
Dia mengatakan pada saya bahwa sejak pertama kali dia lihat Debu tampil, dia mau berkolaborasi. Dia memang sudah merencanakan datang ke Indonesia sebelumnya tetapi kalau tidak tampil bersama Debu dia merasa kurang sempurna perjalanannya.

Dalam pentas kali ini, apakah anda akan menyanyikan syair SF yang berbahasa Urdu atau Hindi?
Ya, kami berusaha untuk siapkan dua atau tiga lagu dalam dalam bahasa Hindi.

Materi acara ini, akankah seperti konsep awal di mana sebelum Debu 'stage on', lebih dulu 'dinner together' bersama audiens?
Dengan berat hati kami belum bisa menyediakan dinner bersama kali ini, soalnya waktu terlalu singkat untuk mencari sponsor.

Dalam setiap konser, berapa lagu akan dimainkan?
Dalam konser kali ini kami akan nyanyikan sekitar 10 sampai 12 lagu
atau sekitar satu jam. (*)