Rabu, Desember 23, 2009

Rahasia Bugar Mustafa

















Konser DEBU seringkali berlangsung dari satu kota ke kota lain, atau bahkan pulau ke pulau. Naik turun pesawat dalam jarak waktu yang super singkat dengan konser berikutnya, bukan satu hal yang jarang terjadi. Dalam kata lain, justeru kerap terjadi.

Dan layaknya profesi publik, tentunya penampilan dan raut wajah harus selalu cerah dan ramah 'lingkungan'... ^=^
Mustafa paham betul tentang itu. Dan bisa dibilang, di antara personil DEBU lainnya, staminanya paling prima sehingga walaupun tiba di rumah seringkali dini hari, namun esok subuhnya ia hampir selalu stand by menemani Syekh Fattaah, jogging. Masya Allah...

Apa sebenarnya rahasia kebugaran yang dimilikinya? Berikut adalah penuturan singkatnya tentang sejumlah pertanyaan mengenai kebugarannya.

Anda sering pergi dari satu kota ke kota lain. Bagaimana cara mengatur waktu istirahat?
Yang penting adalah waktu buat perjalanan sehingga kami bisa istirahat selama perjalanan itu.

Pernahkah merasa lelah dan capai?
Kadang memang capai tapi kalau sudah naik panggung dan menyanyikan syair-syair Syekh, seketika hilang rasa capai itu...

Latihan kebugaran apa yang anda lakukan demi menjaga stamina?
Binaraga empat kali seminggu. Dan kalau masih sempat, saya berenang dua hingga tiga kali seminggu. Juga lari dan jogging untuk kesehatan jantung.

Adakah menu khusus yang menjadi favorit anda?
Yang paling baik buat makanan untuk tetap sehat adalah buah-buahan. Favorit saya adalah mangga, itu sangat bermanfaat buat suara yang mau habis, juga buah anggur untuk batuk...

Zikir apa saja yang anda amalkan sehari-hari?
Untuk zikir, ada amalan tertentu tetapi itu merupakan amanah dari Syekh Fattaah dan saya dipesan untuk tidak memberitahu siapapun amalannya. Zikir standar yang Syekh Fattaah berikan kepada seluruh muridnya adalah Laailahaillallah.

Apakah setiap anggota DEBU memiliki latihan kebugaran khusus?
Untuk pemain lainnya memang selalu kami anjurkan agar tetap sehat dan fit, tetapi tak ada latihan khusus yang diberikan. Mereka melakukannya masing-masing.

Aktifitas apa yang cenderung anda sukai di waktu luang?
Latihan alat musik, rekaman atau pakai internet...